Terendam banjir, 22 hektare sawah di Bangka Belitung alami gagal produksi

terendam-banjir-22-hektare-sawah-di-bangka-belitung-alami-gagal-produksi

RastaNewsBerita-Terendam banjir, 22 hektare sawah di Bangka Belitung alami gagal produksi Hujan lebat mengguyur kawasan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung sejak Sabtu kemarin. Akibatnya lebih kurang 22 hektare sawah di Desa Malik Kabupaten Bangka Selatan.

“Puluhan hektare sawah terendam ini terancam gagal panen, karena tanaman padi rusak berat,” kata Petugas POPT Kecamatan Payung, Hotib, di Toboali. Demikian dikutip dari Antara, Minggu (5/11).

Dia menjelaskan tanaman padi yang terendam itu dengan usia padi rata-rata sudah mencapai 47 hari dan tidak lama lagi akan panen.

“Kerusakannya berkisar 85 hingga 100 persen dan ini sudah masuk kategori puso atau gagal produksi,” katanya.

Hotib mengatakan, dengan kejadian ini masyarakat dipastikan mengalami kerugian yang cukup besar.

“Hujan berintensitas sedang hingga lebat beberapa hari mengakibatkan puluhan sawah petani terendam banjir. Apalagi belum adanya saluran irigasi untuk mengurangi debit air sawah petani,” katanya.

Menurut dia sawah ini merupakan program cetak sawah 2017 dan belum tersedia saluran irigasi serta ditambah ada pendangkalan alur sungai Nambi.

“Memang lahan sawah ini baru dicetak dan belum ada irigasi sebaiknya Pemda segera merencanakan untuk dibangun saluran irigasi,” ujarnya.

Ia berharap pemerintah daerah maupun pusat melalui dinas terkait agar permasalahan banjir bisa diatasi, seperti pembangunan saluran irigasi dan pengerukan aliran sungai.

Saat ini petani Desa Malik sangat antusias menyambut program pemanfaatan cetak sawah dan mereka berharap dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang memadai,” harapnya.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s